Badrul Mozila

Mengupas informasi seputar dunia pariwisata dan ilmu bermanfaat yang lainnya.

Contoh Kata Pengantar Yang Baik Sesuai Dengan EYD

Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar Berdasarkan EYD - Hallo teman-teman netijen, pada kesempatan ini Blog Santai akan memberikan informasi ataupun referensi mengenai bagaimana sih cara membuat kata pengantar yang baik dan benar. Secara garis besar kata pengantar berisi ungkapan syukur, ucapan terima kasih, dan sambutan dari penulis. Tanpa adanya pengantar, karya tulis Anda akan menjadi kurang lengkap. Artikel ini akan memberikan beberapa contoh kata pengantar untuk Anda.

Kata pengantar selalu dimasukkan di dalam penulisan suatu karya ilmiah, skripsi, buku, proposal, kliping dan makalah. Jika Anda mampu membuat kata pengantar dengan baik, laporan Anda akan semakin baik di mata pembaca.

source: writingandthinking.org


Karena kata pengantar merupakan salah satu bagian yang biasa ditulis pada tulisan-tulisan resmi maupun semi-resmi, maka sangat dalam penulisannya, kata pengantar harus benar sesuai ejaan yang disempurnakan (EyD). Sebuah aib tersendiri apabila kata pengantar seseorang ternyata banyak salah di sana dan sini dalam tanda baca maupun besar kecil hurufnya.

Kata pengantar, bisa dibilang, juga merupakan salah satu cara penulis memberikan penghormatan kepada para pembaca yang hendak membaca tulisannya tersebut. Semakin baik kualitas kata pengantar dari penulis, menunjukkan penghormatan yang begitu besar disampaikan kepada para pembacanya.

Oleh karena itu, proses penulisan kata pengantar mestilah ditulis dengan sebaik mungkin, dari segi tata bahasa, rangkaian struktur tulisan serta tanda baca yang rapi. Dengan begitu, kata pengantar yang kamu buat akan lebih mudah difahami orang lain

Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Sebelum membuat kata pengantar, Anda perlu mengetahui struktur dari pengantar yang baik. Berikut ini adalah susunan umum dari kata pengantar:

  1. Awali kata pengantar dengan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Contohnya yaitu Alhamdulillah, puji Tuhan, puji syukur dan sebagainya.
  2. Paparkan sedikit isi dan tujuan penulisan laporan yang Anda buat.
  3. Sampaikan terima kasih untuk semua pihak yang berkontribusi pada laporan Anda.
  4. Tambahkan harapan Anda tentang hasil laporan tersebut.
  5. Akhiri dengan ucapan maaf atas kekurangan laporan yang Anda buat. Ajak juga pembaca untuk memberikan saran maupun kritik.

Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

KATA PENGANTAR


Assalammu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas karunia-Nya penulis bisa menyusun sebuah karya ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Kain Perca untuk Usaha Mikro” dengan lancar.

Tujuan penulisan ini adalah untuk melengkapi syarat ujian mata pelajaran Ekonomi. Penulis sangat berterima kasih kepada Bapak Drs. Susanto selaku pembimbing karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini tidak lepas dari banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis berharap pembaca dapat memberikan kritik maupun saran. Kritik dan saran tersebut akan menjadi bahan evaluasi penulis kedepannya.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Semarang, 11 September 2018

Penulis


Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar Kedua

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga penyusun dapat membuat laporan dan penyusun juga sadar masih banyak kekurangan dalam Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya:

  1. Bapak Yasin, M.Pd., selaku Kepala SMA NU Semarang
  2. Ibu Ida, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran
  3. Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kota Semarang
  4. Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi
  5. Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku Pembinbing dari pihak sekolah
  6. Rekan se-angkatan

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Semarang. Sekali lagi penyusun ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian. Amin.

Semarang, 11 September 2018

Penyusun


Blog Santai


Nah itulah artikel Blog Santai kali ini mengenai Contoh Kata Pengantar Laporan Magang Yang Baik dan Benar Berdasarkan EYD semoga bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan laporan tugasnya. Terima kasih banyak sudah berkunjung.


Baca juga:



  • Artikel (Education)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Contoh Kata Pengantar Yang Baik Sesuai Dengan EYD
      Komentar(0)